Beberapa waktu yang lalu saya sempat bertanya kepada 2 orang teman saya pengguna blackberry, "Gimana cara kalian nampilin teks Bahasa Arab dalam update status Facebook, BBM, dan Twitter kalian?" Jawaban mereka sama, "Copy paste!" 
Lalu saya pun iseng memperlihatkan kepada mereka gimana saya bisa membuat teks Bahasa Arab dengan Blackberry yang saya gunakan. Dan serempak mereka pun bertanya, "Gimana caranya?"
"Caranya gampang, "jawab saya. "Kalian tinggal rubah setting input bahasa BB kalian ke Bahasa Arab.




Kalau di setting bahasa BB kalian ga ada Bahasa Arabnya, coba kalian hubungkan BB kalian ke komputer dan jalankan BB Desktop Managernya, lalu klik aplikasi. Akan muncul tampilan aplikasi yang sudah  dan belum terinstal di Blackberry kalian. (di dalamnya termasuk bahasa Arab) Kalau ga ada juga terpaksa dech kalian upgrade dulu tuh os BB kalian. Kalian bisa upgrade online os BB kalian di situs resminya Blackberry. Nah, kalau ternyata os BB kalian udah up to date, terpaksa dech harus kalian downgrade dulu, baru kemudian diupgrade lagi. Di awal proses downgrade/upgrade jangan ada centang yang dihilangkan biar semua data dan aplikasi di BB kalian tidak hilang.

"Nah, kalau proses upgradenya sudah selesai coba kalian klik lagi aplikasi di BB Desktop Manager, dijamin pasti ada file instal Bahasa Arab, "saya pun menutup pembicaraan di antara kami bertiga.

Tak lama kedua teman saya itu pun pergi, kembali ke rutinitasnya masing-masing.

0 komentar :

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.
loading...

Entri Populer